Tempat Makan, Lesehan, Nyaman, Seru, Ragam Hidangan, Enak, Bersantap

Tempat Makan dengan Konsep Lesehan Yang Nyaman dan Seru

Bosan dengan tempat makan berkonsep formal dengan desain interior yang modern, membuat banyak orang kini kembali beralih pada konsep ala nusantara. Tempat makan konsep lesehan pun kerap jadi pilihan. Meski terkesan ndeso, namun suasana nyaman yang ditawarkan seakan bikin kangen. Ditambah lagi ragam menu variatif yang siap memanjakan lidah. Seperti apa?



Ketika Anda menyambangi restoran ini, Anda wajib menjajal saah satu menu jawaranya yaitu Bebek Bakar Penyet yang mampu membakar lidah. Menu maknyos ini terdiri dari sepotong daging bebek bagian paha atau dada, nasi dan lalapan seperti timun, daun salada dan kemangi yang disajikan di atas piring lidih beralas daun pisang, ditemani sambal pedas manis.

Bagi penikmat bebek, lidah Anda akan dimanjakan dengan tingkat kelembutan daging bebek yang super empuk dan tanpa aroma anyir. Karena sebelumnya daging bebek direbus selama 2 jam di atas api kecil bersama bumbu halus dan rempah penuntas aroma anyir. Sebut saja bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, lada dan ketumbar yang diulek lembut serta daun salam, serai, laos dan jahe geprek.

Wuuuiih.. ketika sajian yang super pedas ini dikunyah, kombinasi rasa dari bebek yang gurih dan sambal pedas menjadi perpaduan yang super komplit. Kenikmatan Bebek Bakar Penyet dijual seharga Rp 21 ribu.

Meluncur ke kawasan Bekasi, Jawa Barat, ada Pondok Citra Lesehan yang siap menjamu Anda dengan ragam menu khas Jawa Timur. Suasana yang cozy dengan iringan alunan musik Jawa serta suara gemercik air membuat suasana makan semakin bergairah.

Melirik deretan menu yang disediakan, Anda wajib menjajal kenikmatan Nasi Pecel Kembang Turi yang merupakan menu jagoan di Pondok Citra Lesehan ini. Nasi Pecel Kembang Turi terbuat dari sayur-sayuran yang fresh, terbukti jika tidak habis dalam waktu 6 jam, sayuran tersebut akan diganti dengan yang baru. Seperti tauge, bayam, kacang panjang, daun kenikir, timun hijau (timun Jepang), pete cina dan kembang turi. Kecuali pete cina yang dibiarkan mentah, semua sayuran direbus selama 5 menit.

Kunci kelezatan menu ini pastinya adalah bumbu pecel yang terbuat dari campuran bumbu halus seperti kacang tanah, daun jeruk, cabai rawit, garam dan gula merah. Bumbu pecel ini didatangkan langsung dari Madiun, Jawa Timur dan semua bumbu masakan diracik tanpa tambahan MSG.

Nasi Pecel Kembang Turi disajikan bersama dengan serundeng, orek tempe dan peyek kacang sebagai pelengkap. Harga yang ditawarkan untuk Nasi Pecel Kembang Turi yaitu sebesar Rp 12 ribu. Sebagai lauknya, Nasi Pecel Kembang Turi juga bisa dinikmati bersama dengan Ayam Goreng dan Empal. Mantap!

Pondok Citra Lesehan mulai beroperasi dari pukul 8 pagi - 8 malam WIB. Pengunjung yang bertandang ke sini tidak hanya masyarakat setempat dan penjabat Pemda Bekasi, tapi para tersohor seperti Hengky Tornando juga sering singgah di tempat ini.

Menuju kawasan Kota Wisata, Cibubur-Jawa barat, Anda bisa mampir Saung Alam Sunda. Bak Oase di tengah padang pasisuasana asri mulai terasa begitu memasuki halaman parkirnya yang cukup luas. Masuk ke dalam area resto, Anda akan disambut oleh suasana alami khas pedesaan. Terutama saat melihat deretan saung bambu yang dilengkapi meja lesehan beralas tikar.

Bagi Anda yang datang bersama keluarga, Anda tak perlu khawatir si kecil bakal merengek minta pulang lebih cepat. Karena di salah satu sisi resto terdapat area bermain anak-anak yang dilengkapi beragam permainan seperti becak mini, sepeda, perosatan dan komedi putar.

Suasana khas pedesaan tetap bisa Anda rasakan meski bersantap di area indoor. Di sebelah kiri pintu masuk, terdapat rak bambu yang dihiasi kendi tanah liat, dengan latar belakang tikar bambu. Di tiap deretan kendi terselip piring keramik yang te|ah ditandatangani selebriti ibukota yang jadi pelanggan Saung » Alam Sunda. Sebut saja trio 3 Srigala, Ade Rai, David Naif,

Metha Pasto Band, Nuri Maulida, Winda Khair dan Dido Hijau Daun. Dua payungan khas pelaminan sunda sengaja dipajang sebagai aksesoris.

Di area indoor ini, deretan kursi dan meja makan tertata rapih di sebelah kanan pintu masuk. Sedang di pojok ruang terhampar area lesehan yang bisa menapung sekitar 24 orang. Agar customer semakin nyaman, beberapa air conditioner sengaja dipasang di beberapa sudut ruang.

Seperti suasana yang dihadirkan, semua varian menu yang ditawarkan Saung Alam Sunda diadaptasi dari hidangan khas ranah Pasundan. Sebagai pembuka atau camilan, Anda bisa menikmati Kangkung Crispy yang kriuk-nya nempel banget saat dikunyah, atau Tahu Isi Spesial yang cocok dinikmati para pecinta udang.

Karena mengusung konsep family resto, Saung Alam Sunda menawarkan aneka menu a/a carte yang bisa disantap bersama keluarga. Dari deretan lauk pendamping ada Kepiting Saus Padang, Gurame Asam Pedas. Pindang, Gurame Bakar Spesial, Gurame Bakar Kemangi, Gurame Terbang, Pindang Pating dan Sop Buntut Garang Asam. Semua menu tersaji dalam keadaan fresh dan masih panas karena baru dimasak setelah pesanan datang.

Dan Bagi Anda pecinta menu bakaran, Saung Alam Sunda punya menu andalan baru yang pasti bikin klepek-klepek, namanya Patin Bakar Bambu.

Saat tersaji di depan mata, aroma khas daun pisang berbalut bambu yang membungkus ikan patin seakan menggeltik roma penciuman. Samar-samar terjejak bau gurih khas bumbu yang terbakar, sedep banget!

Saat jari jemari mulai menyibak tiap helai daun pisang yang menutupi ikan patin, aroma gurihnya membuat liur tak terbendung menahan hasrat untuk segera menyantapnya. Begitu dicicipi, citarasa yang tersaji sesuai dengan aroma harum yang ditebar. rasa gurih bercampur pedas membuat lidah tak ingin berhenti bergoyang, makin mantap kala disantap bersama nasi putih yang masih mengepul panas. Hebring pisanl

“Patin Bakar Bambu ini memang menjadi icon baru Saung Alam Sunda. Selain dibungkus dengan bambu khusus berupa bambu betung, proses memasaknya pun butuh waktu yang cukup lama. Sehingga citarasa bumbunya benar-benar meresap,” ucap Doni Djojo Sutanto, selaku Manager Operasional Saung Alam Sunda.

Usai menyantap sajian khas Saung Alam Sunda yang ngenapisan, saatnya menyegarkan tenggorokan dengan menyeruput aneka minuman dingin. Salah satunya Jus Kedondong. Minuman segar satu ini mampu membilas rasa haus di tenggorokan dengan rasa asam-manisnya yang bikin melek. Ada juga sajian berupa Es Campur, Es Teler dan Es Kacang Merah yang bisa dipilih.

Menikmati ragam hidangan enak yang menggoyang lidah

Anda tak perlu khawatir kantong jebol. Karena tiap menu ditawarkan dengan harga yang relatif bersahabat. Dengan range harga mulai dari Rp 4.250 hingga Rp 210 ribu. Ekonomisnya lagi, untuk lauk pelengkap bisa dinikmati bersama 2-3 orang. Munner bukan?

Masih penasaran dengan tempat makan berkonsep lesehan? Kalau begitu jangan lewatkan artikel-artikel pada halaman selanjutnya ya! Laili

Nikmatnya Bersantap Sambil Berleha-leha


Suasana santai dengan pesona alami khas pedesaan/jadi daya tarik banyak rumah makan berkonsep lesehan. Salah satunya Mekar Pondok Lesehan, yang berlokasi di Pondok Gede, Jakarta Timur. Rumah makan satu ini cocok jadi rekomendasi tempat makan Anda bersama keluarga, teman dan handai taulan karena keaslian citarasa menu yang ditawarkan dengan harga bersahabat. Seperti apa?

Mekar Pondok Lesehan termasuk restoran yang sudah cukup senior perihal pelayanan jasa boga. Maklum, resto milik H. Suyatno ini sudah dirintis sejak 20 tahun silam. “Sejak awal dibangun, resto milik keluarga ini memang mengusung konsep lesehan agar terasa lebih santai dan pengunjung bisa menikmati hidangan sambil berleha-leha," ujar Hj. Nevi Rejekiarti, generasi kedua sekaligus pengelola Mekar Pondok Lesehan.

Interior Khas Solo. Demi menonjolkan kesan khas pedesaan yang alami dan bikin rileks, interior ruang yang dihadirkan mengangkat tema ala Jawa Tengah. Beragam ornament khas Solo bahkan sengaja diadaptasi sebagai dekorasi. Terlihat dari dua bangunan berbentuk rumah joglo yang dijadikan sebagai area makan, lengkap dengan deretan meja kayu beralas meja panggung. Pagar berbahan anyaman kayu sebagai pembatas, seakan menambah kesan alami yang bikin adem. Dan bagi Anda yang enggan melepas alas kaki, pada sisi bangunan lain juga terdapat area makan yang dilengkapi meja serta kursi makan.

Suasana menenangkan tertangkap dari dominasi ornament kayu dan bebatuan dengan ukiran-ukiran khas Solo, serta kolam ikan berukuran kecil dengan air terjun buatan. Bagi Anda yang datang bersama si kecil, Anda bisa mengajaknya bermain di area taman, dengan fasilitas berupa ayunan, bola dunia serta jungkat-jungkit.

Agar pengunjung rumah makan terasa lebih rileks, setiap hari di luar bulan Ramadan atau tepat pada jam makan siang Anda juga dapat mendengarkan musik sambil berdendang bersama para biduan dari organ tunggal yang digelar.

Tak hanya berfungsi sebagai rumah makan biasa, Mekar Pondok Lesehan dengan kapasitas lebih dari 500 orang ini juga bisa disewa sebagai tempat untuk menggelar resepsi pernikahan, lengkap dengan ragam menu enak untuk menjamu para tamu.

“Di bulan Ramadan ini banyak pengunjung yang datang untuk buka puasa bersama keluarga atau teman,” tutur Hj. Nevi.

Citarasa Variatif. Meski dirancang dengan interior ala Solo, Jawa Tengah, namun citarasa menu yang ditawarkan tak melulu menu bercitarasa manis khas Jawa Tengah, tapi ada juga sajian khas ranah pasundan, dengan dominasi pedas yang khas serta masakan ala Chinese food yang gurih.

Setidaknya ada sekitar 80 menu yang ditawarkan Mekar Pondok Lesehan dengan beragam variasi yang pasti bikin ngiler. Antara lain Nasi Goreng Kambing, Ayam Bakar/Coreng, Bebek menggunakan ayam pejantan, yakni perpaduan antara ayam kampung dan ayam negeri.

“Ayam pejantan yang kami gunakan juga,yang masih muda agar tekstur dagingnya terasa lebih manis dan tidak alot,” ucap Hj. Nevi.

Lumuran sambal penyetnya juga tak kalah ciamik. Bukan hanya tampilannya yang merah merona, citarasa pedasnya juga cukup mengigit. Cocok bagi Anda pecinta rasa pedas. Makin nampol saat disantap bersama seporsi nasi hangat dan lalapan segar berupa daun selada dan timun.

Sebagai pelengkap santapan, Anda juga bisa memesan Karedok yang diracik dari sayuran segar seperti terong bulat, kacang panjang, tauge, daun kemangi dan timun, dengan guyuran bumbu kacang beraroma kencur yang harum menggoda.

Usai menyantap menu khas nusantara tersebut, saatnya membasahi tenggorongan dengan minuman dingin seperti Jus Sirsak. Diracik dari buah sirsak segar dengan takaran yang cukup banyak, lalu di-blend bersama air gula dan sedikit air, segelas Jus Sirsak kian menggoda dengan serutan es yang bikin sejuk. Saat diseruput, tercecap sensasi manis-asam yang segar membasuh lidah. Pas banget jadi minuman penetralisir rasa pedas.

Delivery Order. Selain menawarkan varian menu beragam dengan harga terjangkau, Mekar Pondok Lesehan juga menyediakan menu paket perorangan dan keluarga. Ada juga fasilitas delivery order melalui aplikasi Go Food.

Kenikmatan menu yang dihadirkan Mekar Pondok Lesehan mampu menjaring konsumen dari banyak kalangan seperti para pejabat dan pegawai Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI), kalangan artis seperti Deddy Mizwar dan para pegawai negeri sipil (PNS). “Rumah makan kami juga sering digunakan untuk event demo masak,” tutup Hj. Nevi. Aloy.
Asyiknya Bersantap di Tengah Sawah

Asyiknya Bersantap di Tengah Sawah


Berkunjung ke Blitar, Jawa Timur, sempatkan diri untuk mampir dan mencicip ragam menu khas nusantara hingga Chinese food di Lesehan President. Karena resto legendaris ini bukan hanya memanjakan lidah dengan aneka menu jempolan tapi juga dengan suasana persawahaan yang asri. Yuk telusuri....

Lesehan PresidentLesehan President adalah salah satu resto yang sering menjadi pilihan tempat makan masyarakat Blitar maupun para turis domestik. Hal ini tak lepas dari nikmatnya makanan yang disajikan dan suasana yang sangat excellent. Bagaimana tidak? Tepat di belakang resto adalah hamparan sawah yang menghijau sehingga terlihat sangat asri.

Area Persawahan Lesehan President telah berdiri sejak tahun 2008. Dan, pada awalnya hanya berbentuk warung lesehan pinggir jalan. Setelah ramai, pada tahun 2009 warung ini ‘naik kelas’ dengan mengubah konsep menjadi resto lesehan dengan panorama sawah.

Karena berada di areal persawahan, tak heran angin sepoi-sepoi selalu setia bertiup lembut yang membuat acara makan menjadi sangat nyaman. Tak hanya itu, pemandangan petani sedang bekerja di sawah juga membuat view resto ini menjadi sangat natural.

Tak hanya sebagai tempat makan, resto berkapasitas 300 orang ini sering juga dipakai untuk acara rapat, ulang tahun, reuni hingga resepsi pernikahan. Bahkan resto ini sering dijadikan tempat makan para pejabat pemerintah daerah seperti Bupati Blitar, Bupati Tulungagung, hingga artis Ibukota semisal Iwan Fals dan Slank.

Untuk kapasitas parkir dapat menampung hingga 15 mobil dan bebas biaya parkir. Dan, bagi pengunjung yang membawa anak-anak, resto juga.menyediakan area bermain seperti ayunan, kemudi putar dan papan seluncur.

Menu Unggulan. Salah satu menu yang paling dicari pengunjung Lesehan President adalah Gurame Bakar. Menu ini menjadi istimewa karena ikan dua kali mengalami proses pengolahan. Sebelum dimasak, ikan dibersihkan dan dilumuri dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan aroma anyir. Setelah itu, ikan direndam bersama bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, kecap manis dan penyedap rasa Sasa. Ikan tersebut lalu digoreng dalam minyak panas hingga setengah matang. Setelah itu, ikan dibakar di atas bara api sambil diolesi bumbu kecap.

Agar bumbu meresap sempurna, proses pembakaran dilakukan dengan cara tradisional yakni menggunakan kipas bambu. Karena diolah dua kali, maka Ikan Gurame mempunyai ciri khas tekstur daging yang garing di luar  namun lembut di dalam.

Saat penyajian, Gurame Bakar disajikan di atas piling lebar bersama lalapan sayuran dan sambal pilihan yakni Sambat Bajak dan Sambal Kecap. Ketika dicowel, daging Gurame sangat mudah terlepas dari tulangnya yang menandakan tingkat matang yang pas. Ketika masuk ke dalam mulut rasa daging yang gurih ringan berpadu dengan bumbu kecap yang manis. Karena telah digoreng maka lapisan atas daging Gurame terasa sangat kriuk sehingga menimbulkan sensasi yang luar biasa. Menu favorit ini dapat dinikmati untuk 2-3 orang dengan harga Rp 9 ribu/ons. Adapun Ikan Gurame yang disajikan rata-rata Suasana Resto Lesehan President mempunyai berat 1/2 kg.

Lesehan President juga menyediakan berbagai menu seperti Ayam Mentega, Ayam Masak Pedas, Ayam Masak Kecap, Gurami Bakar, Udang Mentega,

Mie Goreng, Capcay Kuah, Udang Asam Manis,Cumi Saos Inggris, dan Cumi Goreng Tepung, Gurami Asem Manis, Gurame Goreng dan Gurame Rica-rica. Harga yang ditawarkan untuk masing-masing menu pun cukup terjangkau, yakni berkisar Rp 8 ribu-Rp 35 ribu/porsi.

Tertarik mencoba? Kalau begitu jika sedang berkunjung ke Blitar jangan lupa menyambangi resto yang buka mulai pukul 8 pagi dan tutup pukul 10 malam ini.


Ayam Nano-Nanonya Bikin Nagih


Kalau Ayam Goreng atau Ayam Bakar sudah terlalu mainstream, Anda kudu menjajal kenikmatan Ayam Nano-nano ala Malioboro Lesehan Only. Selain citararasanya yang lebih istimewa dan bikin nagih, rumah makan ini juga menawarkan suasana nyaman yang menentramkan hati. Penasaran?

Anda yang pengen menyantap menu olahan daging ayam yang beda, bisa datang ke Malioboro Lesehan Only, yang terletak di Kemanggisan, Jakarta Barat. Kelezatan aneka sajian menu yang ditawarkan rumah makan berkonsep lesehan satu ini terbukti mampu membius para pelanggannya. Terbukti dengan tak pernah sepinya tempat makan ini mulai dari siang hingga malam. Jadi, jangan heran jika Anda akan melihat keramaian di rumah makan yang mayoritas dikunjungi oleh kalangan mahasiswa ini. Harga yang terjangkau dan pilihan makanan yang beragam menjadikan Malioboro Lesehan Only selalu ramai dikunjungi.

Begitu masuk ke tempat makan yang terlihat sederhana ini,  suasana homey pun langsung membuat siapapun yang mengunjunginya bakal betah. Tempat makan yang didominasi warna kuning ini mengusung konsep lesehan karena kecintaan sang pemilik terhadap kampung halamannya yang berada di Malioboro, Yogyakarta. Di sana tersedia10 meja lesehan, yang masing-masing bisa menampung 4-5 pengunjung.

Uniknya Menu Ayam.

Bagi Anda penggemar menu olahan ayam, dijamin bakal termanjakan bila datang ke Malioboro Lesehan Only. Hmmm... pastinya Anda penasaran kart, seperti apa sih cita rasa menu yang ditawarkan tempat makan ini? So, langsung saja pesan Ayam Bakar Nano-nano. Sama seperti namanya, cita rasa Ayam Bakar Nano-Nano ini bernuansa meriah saat mastikke mulut. Perpaduan rasa manis, asam, dan sedikit rasa asin tercampur apik di lidah, membuat Anda langsung nagih menyantapnya. Cita rasa unik dari Ayam Bakar Nano-Nano ini tercipta karena dari campuran bumbu halus bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, garam, dan gula pasir, serta bumbu oles dari kecap manis yang dicampur dengan sedikit air asam jawa. Hmmm.. ini nih yang bisa membuat selera makan semakin menggila.

Apalagi dagingnya yang empuk, dijamin jamuan makan Anda akan terlewati dengan nikmat. Rasa asam jawa yang dominan dari menu Ayam Bakar Nano-Nano tak hanya menciptakan kelezatan yang unik, namun sanggup membuat nafsu makan Anda begitu tfhap. jangan. Lupakan Sambal Terasi yang hot sebagai teman cocolan-nya ya, dijamin deh santap makan Anda akan semakin nano-nano banget. Seruuuu...

Anda juga bisa menjajal kenikmatan Karedok, Pecel Lele Goyang, Sayur Asem, Tahu Tempe Goreng/Bakar, Ayam Goreng/Bakar, Ayam Bakar/ Goreng Mbok’e, dan Ayam Bakar Ijo, dengan kisaran harga antara Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu. Sedangkan untuk minuman, terdapat pilihan Aneka Jus,

Es Teh, Es Jeruk, Es Timun, Es Markisa, Mocachino, Vanilla Latte, Lychee In Love, Vanilla Blie, Choco Island hingga aneka soft drink dengan harga Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu.

Dengan kapasitas 60 pengunjung, Malioboro Lesehan Only juga bisa menjadi tempat yang tepat bagi Andaj^ng ingin menikmati makanan yang enak dengan harga yang dijamin tidak membuat kantong jebol bersama dengan rekan atau keluarga. Rumah makan ini juga menerima delivery order hanya untuk daerah sekitar Universitas Bina Nusantara, Jakarta Barat tanpa dikenakan biaya ongkos kirim (ongkir). Menarik bukan? Jadi, tunggu apalagi.. Buruan datang ke Malioboro”Lesehan” Only yang buka setiap Senin sampai Sabtu, mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam ini.

Selain di sini ada lagi Tempat Makan Lesehan di Tangerang

Postingan populer dari blog ini

Unsur Pengaman Uang Rupiah, Alat Pembayaran Yang Sah

Pengelolaan Keuangan, Konsep Dasar Pengelolaan Keuangan, Pengertian Pengelolaan Keuangan, Tujuan Pengelolaan Keuangan, Tahapan Pengelolaan Keuangan

Hukum Permintaan dan Penawaran serta Asumsi-Asumsinya, Kurva Permintaan dan Kurva Penawaran