Pengertian Laba Secara Sederhana

Pengertian laba secara sederhana adalah Selisih dari hasil Penjualan di kurangi dengan modal. Sebagai contoh Anda membeli sebuah jam tangan seharga Rp. 200.000, kemudian anda menjualnya kembali dengan seharga Rp. 250.000. Jadi selisih Rp. 50.000, maka itulah yang dinamakan dengan laba.

Dalam ilmu akuntansi laba di defisikan sebagai imbalan atas upaya suatu perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.

Kalau dalam teori akuntansi laba menunjuk pada konsep yang di sebut dengan laba komprehensif.

Pengertian dari Laba Komprehensif yaitu kenaikan aset bersih selain yang berasal dari pemilik. 



Laba (Profit)

Pengertian Laba (Profit) 

Tujuan utama dari pendirian sebuah perusahaan sudah jelas untuk mendapatkan laba (profit) atau dengan kata lain keuntungan. Laba merupakan kompensasi atas risiko yang di tanggung perusahaan, semakin tinggi risiko maka semakin tinggi laba yang diperoleh perusahaan, dan sebaliknya.

Laba adalah nilai penerimaan total perusahaan di kurangi total biaya yang dikeluarkan perusahaan. Jika laba di notasikan dengan n, maka laba dapat dirumuskan sebagai berikut. 

n = Profit atau Laba  TR = Total Revenue   TC = Total Cost
dimana:
n = Profit atau Laba
TR = Total Revenue 
TC = Total Cost
Perusahaan mendapatkan laba jika nilai n  positif (n  > 0) atau TR > TC, sedangkan laba maksimum tercapai jika nilai n mencapai maksimum. Adapun jika ji negatif (n < 0) atau TR < TC, maka perusahaan mengalami rugi (loss), sementara jika TR = TC, maka perusahaan mengalami titik impas atau break even point.

Postingan populer dari blog ini

Unsur Pengaman Uang Rupiah, Alat Pembayaran Yang Sah

Pengelolaan Keuangan, Konsep Dasar Pengelolaan Keuangan, Pengertian Pengelolaan Keuangan, Tujuan Pengelolaan Keuangan, Tahapan Pengelolaan Keuangan

Hukum Permintaan dan Penawaran serta Asumsi-Asumsinya, Kurva Permintaan dan Kurva Penawaran